Menikmati keheningan di Teluk Waru



Melepas diri dari rutinitas yang menguras energi? Saya menemukannya  di Pantai Desa Solang, Kecamatan Teluk Waru, Kabupaten Seram Bagian Timur . Berkendara dari Kota Ambon hampir sembilan jam setelah menumpangi kapal feri dari Pulau Ambon ke Pulau Seram. Iya, benar bro, di ujung pulau Seram, di Provinsi Maluku, salah satu provinsi di bagian Timur Indonesia. 

Dari Bula, ibukota kabupaten Seram Bagian Timur, sekitar satu jam melalui  jalan yang telah beraspal,  berjejer pemukiman desa yang masih alami, luas dan hijau. Menyegarkan mata, menenangkan jiwa. Tidak terencana, tetapi diajak berteduh sebentar di pantai Desa Solang, benar-benar nikmat. Belum ada sarana wisata apapun, sehingga bisa menikmati suasana alami di setiap bagiannya.   Pasir pantainya terasa halus di kaki dan jika ingin menjajal garis pantai, maka akan menemukan sebaran kerang-kerangan, yang menjanjikan potensi bawah laut, yang informasinya tersedia di Pulau Karang, sebuah pulau kecil dengan dua desa di tengah teluk permai ini. 

Ketiadaan sarana wisata, termasuk hunian bahkan akses komunikasi menjadikan keunggulan tempat ini justru pada keheningannya. Semilir angin  yang sejuk, pantai berpasir halus dan perairan sebening kristal benar benar sebuah paket lengkap, apalagi diberi suguhan  kelapa muda dan durian, dan manggis yang sedang tepat waktu panennya, Gratis pula!! Tradisi gotong royong warganya pun luar biasa.  Tahun lalu, ada tujuh belas rumah layak huni yang dibangun dengan dukungan Dana Desa bagi para janda dan warga desa yang benar-benar membutuhkan hunian yang layak. Dengan dukungan 35juta rupiah per KK, rumah permanen seluas 6x7 m2, kini menjadi kebanggaan warga desa untuk membangun hidup bersama.

Jadi, lupakan gadget anda  sejenak, dan mari menikmati keheningan alam desa dan keramahan warganya disini.

Comment

082113176505 (helpdesk)
contact@nusaku.id
nusaku.id
Copyright 2017 Nusaku.id