Setia Pada Satu Rindu: Yogyakarta



Nikmati bersamaSuasana Jogja...
Siapa yang nggak hafal penggalan lirik lagu di atas?Lagu berjudul Yogyakarta yang dibawakan oleh KLA Project selalu berhasil bikin rindu suasana Yogya. Setuju?
Beberapa destinasi utama para wisatawan yang berkunjung ke Yogya pada umumnya adalah pusat-pusat perbelanjaan seperti Malioboro, situs-situs sejarah dan tempat kulineran yang selalu ramai didatangi pecinta kuliner. Sebagai referensi tambahan, ada beberapa tempat wisata yang juga menyenangkan untuk didatangi kalau lagi jalan-jalan ke Yogya, nih! 
1. Off Road ke MerapiPerjalanan menuju beberapa lokasi wisata yang menjadi bagian dari cerita meletusnya Gunung Merapi di tahun 2010 bisa kita tempuh dengan menggunakan mobil off road. Untuk bisa sampai ke lokasi-lokasi wisata tersebut, kita memerlukan paket wisata yang menyediakan fasilitas seperti mobil, supir yang sekaligus berperan ganda sebagai pemandu wisata (karena mereka adalah warga lokal dan tau banyak latar belakang lokasi wisata di Gunung Merapi dan tau persis bagaimana detik-detik Gunung Merapi meletus pada saat itu). Sebelum benar-benar sampai ke kawasan Gunung Merapi, kita akan diajak mampir ke beberapa tempat, diantaranya, museum "Sisa Hartaku" yang merupakan rumah-rumah warga yang ditinggalkan saat letusan Gunung Merapi terjadi. Biaya yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan akses ke berbagai lokasi wisata, termasuk fasilitas mobil dan supir adalah Rp 300.000-650.000, tergantung pilihan rute yang kita inginkan dan akses tempat wisata yang akan dikunjungi. Kalian bisa cek beberapa situs yang menyediakan paket wisata off road ke Gungung Merapi dengan varian harga yang tidak jauh berbeda.

2. Candle Light Dinner dengan Pemandangan Candi PrambananBuat yang berjiwa romantis dan mau menikmati suasana malam di Candi Prambanan, makan malam bersama pasangan atau keluarga dan teman-teman di Candi Prambanan dengan berbagai menu makan malam yang disajikan prasmanan, sambil menikmati indahnya suasana malam di Candi Prambanan. Harga untuk makan malam romantis di Rama Shinta Garden Resto Prambanan adalah Rp. 130.000/pax. 
3. Nonton Ramayana Ballet di PrambananTau dong kisah cinta legendaris sepasang kekasih Rama dan Shinta? Nah, kalian bisa melihat langsung pertunjukan ballet Rama dan Shinta di panggung teater Candi Prambanan. Pertunjukan ini akan terbagi menjadi 2 sesi pertunjukan dengan jalan cerita yang bersambung. Jadi, kalau ada waktu istirahat di sela pertunjukannya, jangan pulang dulu, ya! Harga untuk setiap pertunjukan berbeda-beda, disesuaikan dengan posisi tempat duduk yang kita inginkan. Kelas 2 dipatok dengan harga Rp. 125.000Kelas 1 seharga Rp.200.000Kelas Khusus seharga Rp.300.000dan VIP dengan harga Rp.400.000. Tenang, posisi tempat duduk di teater ini berbentuk tribun dan di desain agar penonton bisa menikmati pertunjukan dan pembandangan Candi Prambanan di malam hari dari berbagai sisi. Oh iya, setelah pertunjukan selesai, seluruh penonton akan diizinkan untuk foto sama para pemain teater, loh!
4. Berbagi Cerita di Bukit BintangAgak bergerak sedikit ke daerah perbatasan, tepatnya perbatasan antara Bantul dan Gunung Kidul, yaitu daerah Patuk-Yogyakarta. Yap, kawasan kuliner Bukit Bintang. Sesuai dengan namanya, Bukit Bintang akan terasa lebih menyenangkan kalau dikunjungi di malam hari. Kamu bisa menikmati indahnya kelap-kelip lampu kota Yogyakarta yang bersinar dibentangan luas daratan Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta menuju Bukit Bintang membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan mobil. Sampai di Bukit Bintang, kamu akan diberikan pilihan berbagai tempat makan yang menyediakan menu makanan ringan yang cocok untuk menemani kamu ngobrol-ngobrol sama teman atau keluarga. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan oleh berbagai tempat makan di Bukit Bintang berkisar dari Rp.10.000 hingga Rp.25.000. 
Nah, sebelum sampai ke akhir ulasan, ada beberapa tips yang akan saya bagikan untuk kalian yang tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. 

  • Bandingkan harga paket wisata yang ditawarkan.
  • Siapkan masker dan kacamata sebelum off road ke Gunung Merapi karena jalan yang akan ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi wisata di kawasan Gunung Merapi sangat berdebu dan berpasir.
  • Pastikan perkiraan cuaca akan cerah
  • Camilan perlu dipersiapkan untuk menahan lapar, mengingat perjalanan off road ke Gunung Merapi membutuhkan waktu tempuh selama sekitar 30-40 menit.
  • Disarankan untuk terlebih dahulu menikmati makan malam di Rama Shinta Garden Resto Prambanan sebelum masuk ke pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan karena durasi pertunjukan lebih dari 120 menit.
  • Untuk yang mau jalan-jalan ke Bukit Bintang, disarankan untuk melakukan perjalanan sebelum terlalu malam karena tempat makan di Bukit Bintang akan tutup di jam 12 malam.

Sekian ulasan mengenai 4 tempat wisata di Yogyakarta. Semoga kerinduan sama suasana Yogya bisa segera lunas, ya!


Comment

082113176505 (helpdesk)
contact@nusaku.id
nusaku.id
Copyright 2017 Nusaku.id