WADUK SERMO YANG MENENTRAMKAN



Jika sedang di Yogyakarta, jangan lupa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Waduk Sermo. Lokasinya berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Dekat dengan salah satu tempat wisata yang juga cukup terkenal yaitu Kalibiru. Yang kita lihat dari wisata Kalibiru itu sejatinya pemandangan Waduk Sermo yang dilihat dari atas dengan lanskap yang lebih luas dan tinggi.

Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju lokasi bisa kita tempuh dalam waktu sekitar 1-1.5 jam. Langsung saja ambil jalur menuju Wates dan di sepanjang jalan akan ada penunjuk arah ke Waduk Sermo/Kalibiru. Akses menuju lokasi sangat mudah karena sudah beraspal hanya saja semakin mendekati waduk, jalurnya berkelok dan mulai menanjak.

Pemandangan di Waduk Sermo sangat menentramkan karena kita bisa melihat waduk yang cukup luas dengan air yang kebiruan dikelilingi perbukitan Menoreh dan pepohonan yang menghijau. Ditambah hawanya yang sejuk semakin membuat kita betah berlama – lama berada disini. Menghirup udaranya yang segar bebas dari polusi dan kita serasa melihat lukisan alam yang indah namun ini sangat nyata. Kita bisa menikmati pemandangan alam disini dengan berbagai cara yaitu dengan berjalan mengelilingi trek yang sudah tersedia, menyewa perahu untuk berkeliling waduknya sambil menikmati lebih dekat nuansa rindangnya pepohonan, dan bisa juga dengan berkemah di area perkemahannya. Bagi yang suka berfoto, di tempat ini cukup banyak spotnya seperti di rumah jamur, rumah panggung, jembatan dari kantor pengelolaan irigasi yang memanjang sampai hampir ke tengah waduk dan di gardu pandang. Jika kita kesini pada pagi hari, kita akan disuguhi pemandangan waduk dan bukit yang sedang berkabut. Sangat cocok untuk merilekskan diri pagi hari. Pemandangan saat matahari terbenam juga ternyata luar biasa bagus.

Harga tiket masuk hanya Rp 2.000,-, dan parkir roda dua Rp 1.000,-. Sewa perahu disana juga murah hanya sekitar Rp 3.000,- untuk anak – anak dan Rp 5.000,- untuk dewasa. Kalau berkemah akan dikenakan Rp 10.000,- per malam per orang dengan kita juga bisa menikmati fasilitas kamar mandi. Kita juga tidak perlu khawatir kelaparan karena disana sudah ada beberapa warung yang menyediakan makanan. Disini juga tersedia villa bagi yang ingin memutuskan menginap. 

*sumber foto : dokumentasi pribadi

Comment

082113176505 (helpdesk)
contact@nusaku.id
nusaku.id
Copyright 2017 Nusaku.id