Menikmati Senja dan Keramahtamahan di Pinggir Sungai Musi



Siapa yang tidak mengenal sungai musi dan jembatan ampera? Primadona kota pempek ini selalu diincar-incar setiap wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke kota tertua di indonesia ini. jembatan ampera terletak di jantung kota, menghubungkan seberang ulu dan seberang ilir yang dipisahkan oleh sungai musi. Setiap wisatawan biasanya akan mengabadikan foto dengan latar belakang sungai musi dan ampera yang diambil dari Benteng Kuto Besak, dari pesisir sungai seberang ulu/ilir langsung, ataupun berdiri diatas jembatan itu sendiri. Jembatan yang diresmikan pada tahun 1965 ini memang terlihat megah, sangat artistik, dan memukau, terlebih lagi ketika petang menjelang dan malam tiba. Kota palembang seakan-akan semakin hidup diwarnai lampu-lampu yang menghiasi badan jembatan yang elok itu.

Tetapi tahukah kamu bahwa palembang tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah berupa jembatan Ampera dan sungai musinya saja? Disetiap pesisir sungai, menjelang sore, kegiatan dikota ini semakin ramai, banyak penduduk lokal yang hendak menyudahi aktivitas hari itu—sampan-sampan ditepikan, kapal dan ketek di mandikan, orang-orang mengangkut buah, sayur, adapula yang asik duduk bercengkrama ditepi sungai, dan adapula banyak anak dan remaja yang mandi dan berenang disana—kita dapat dengan jelas melihat wajah palembang dan penduduk lokal saat itu, keramah-tamahan terasa sangat kental. Para wisatawan atau backpacker  yang hadir pun tidak perlu takut untuk saling bertegur sapa, mengobrol, atau bertanya dengan penduduk lokal.

Akses menuju sungai musi ini pun sangat mudah, terlampau banyak kendaraan umum yang dapat dipakai, seperti Transmusi, angkot, Bus, dll. Untuk langsung dapat melihat kegiatan dan berinteraksi dengan penduduk lokal, kawan-kawan bisa pergi ke pesisir seberang  10 ulu (yang juga terdapat klenteng Soei Goeat Kiong) atau pergi ke pesisir dermaga di seberang ilir.  Dengan tak hanya mengunjungi suatu kota, tetapi membangun interaksi dan belajar kebudayaan penduduk setempat akan menambah wawasan serta kearifan kita. Because travelling is not only about going, but it’s about connecting.

Comment

082113176505 (helpdesk)
contact@nusaku.id
nusaku.id
Copyright 2017 Nusaku.id