"Nusa Penida": Sebuah Pulau yang ramai, namun tidak sesak di dalamnya :)



Bagi kalian yang mulai penat dengan suasana Bali yang itu-itu saja, kalian bisa menjelajahi pulau-pulau yang berada di sebelah Tenggara pulau Bali. Pulau-pulau tersebut adalah Nisa Ceningan, Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Nah, mungkin kalian sudah sering mendengar mengenai destinasi Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Sedangkan Nusa Penida, baru tahun 2015 destinasi pada pulau ini dikembangkan. Nusa Penida merupakan pulau yang letaknya paling jauh dari Pulau Bali apabila dibandingkan dengan kedua pulau lainnya. Untuk menuju Nusa Penida, kalian bisa menggunakan fastboat yang tersedia di Dermaga Pantai Sanur. Perjalanan dari Sanur ke Nusa Penida akan memakan waktu sekitar 30-40menit. Untuk biaya tumpangan kapal, untuk satu penumpang akan dikenakan biaya sekitar Rp100.000. Jangan kaget apabila di saat perjalanan kalian akan diterpa ombak yang sangat kencang sehingga kapal akan terguncang keras. Nah untuk menaikki kapal tersebut juga kalian akan melewati bibir pantai Sanur yang bebatuan. Jangan bayangkan dermaga kapal yang sudah siap sedia ya:) Kalian masih harus berjalan sedikit dalam air untuk menuju kapal. Oleh karena itu lebih baik untuk kalian sudah siap sedia menggunakan celana pendek dan pastikan semua barang bawaan berada dalam satu tas dan kalau memungkinkan gunakan lah tas anti air!:)


Sesampainya di Nusa Penida, kalian bisa langsung mengeliling objek wisata yang ada di pulau tersebut dengan dua alternatif transportasi yaitu mobil atau motor. Mungkin pilihan transportasi dapat disesuaikan dengan budget dan jumlah rombongan:) Untuk motor, biaya sewa per harinya adalah sekitar Rp75.000,00. Sedangkan untuk biaya sewa mobil, per harinya akan dikenakan sekitar Rp350.000/orang sudah termasuk makan seharian


Objek wisata apa saja yang dapat dikunjungi di Nusa Penida?
Sebenarnya objek wisata di Nusa Penida ini terbagi menjadi dua yaitu Nusa Penida bagian Barat dan Nusa Penida bagian Timur. Nah tentu apabila kalian ingin mengambil kedua tempat, kalian harus menginap minimal 1 malam. Kalau kalian hanya berniat pulang-pergi, kalian hanya akan bisa mengeksplor satu bagian saja, tepatnya Nusa Penida bagian Barat, karena letak antar objek wisata berdekatan dan tidak begitu jauh dari dermaga Nusa Penida. 


Objek Wisata Nusa Penida bagian Barat:

  • Broken Beach (Pasih Uug)
  • Angel's Billabing (Umah Tran)
  • Kelingking Beach (Pantai Kelingking)
  • Paluang Cliff
  • Crystal Bay (Pantai Penida)

Objek Wisata Nusa Penida bagian Timur:

  • Bukit Teletubbies
  • Pulau Seribu
  • Atuh Beach
  • Raja Lima
  • Rumah Pohon Batu Molenteng
  • Pantai Suwehan


Nah di sini aku akan berbagi pengalaman di beberapa objek wisata yang aku kunjungi yaitu broken beach, angel's billabong, kelingking beach, paluang cliff, rumah pohon, dan atuh beach.

  1. Broken Beach - Untuk menuju lokasi ini, kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 40menit dari pusat dermaga. Setelahnya, broken beach, angels billabong dsb memiliki jarak yang berdekatan antar satu objek dan lainnya. Pantai ini memiliki keunikannya yaitu adanya lanskap tebing yang "bolong" di bagian tengahnya. Nah, kalau kalian ke tempat ini, jangan cepat berpuas diri! Karena kalian bisa berjalan mengelilingi tebing dan kalian akan menemukan padang rumput yang luas dan kalian bisa menikmati suasana pantai yang menyejukkan! Track untuk menuju pantai ini juga tidak sulit, kalian hanya akan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk menuju ke lokasi ini. Namun di sini kalian tidak bisa turun dan berenang, kalian bisa berenang di Angel's Billabong, yang berlokasi sebelahan dengan broken beach.
  2. Angel's Billabong - keunikan dari objek wisata ini adalah kalian akan disuguhi sebuah pemandangan di mana ombak yang besar menghantam bebatuan yang besar dan kalian dapat merefleksikan suara dari benturan ombak tersebut:) selain itu sebuah lanskap laguna yang sangat indah dapat kalian nikmati dari atas tebing. Kalau kalian memiliki banyak waktu, kalian bisa turun ke laguna tersebut dan berenang sepuasnya. Namun hati-hati akan ombak yang berbahaya.
  3. Kelingking Beach - pantai ini memiliki keunikan di mana terdapat sebuah tebing besar yang kata orang-orang mirip dengan "Tyrannosaurus Rex Cliff" :) Nah di pantai ini kalian bisa turun langsung namun kalian harus melewati beratus-ratus anak tangga yang terjal:)
  4. Paluang Cliff - objek wisata ini tidak jauh berbeda dari Kelingking Beach, Paluang  Cliff hanya sisi lain dari Kelingking Beach yang (menurut saya) lebih indah dibandingkan Kelingking Beach:)
  5. Atuh Cliff (silahkan liat unggahan khusus saya tentang "Pantai Atuh" di akun ini!:)

Comment

082113176505 (helpdesk)
contact@nusaku.id
nusaku.id
Copyright 2017 Nusaku.id