sejuta mimpi pendaki - segara anak



Segara anak adalah danau yang tedapat di kawah gunung rinjani, yang menjadi mimpi sejuta pendaki karena di sinilah salah satu tempat destinasi wisata yang paling di incar oleh para pendaki, karena keindahan alamnya yang begitu mempesona. Segara anak adalah tempat berbentuk danau dan di danau tersebut terdapat anak rinjani dan biasa di sebut oleh masyarakat sekitar sebagai “gunung baru jari” yang terdapat di tepi danau dekat dengan jalur torean, jika di lihat dari puncak rinjani, anak baru jari akan tepat berada di bawah puncak rinjani.

Untuk ke segara anak, para pendaki bisa melewati berbagai jalur yang telah di sedikan oleh masyarakat sekitar, seperti jalur sembalun lawang, jalur torean, jalur selatan, dan jalur senaru.  Jalur sembalun lawang adalah jalur yang paling sering di lewati oleh para pendaki untuk mencapai segara anak, meskipun lebih jauh dan tentu saja lebih lama dibandingkan dengan jalur lainnya, namun jalur sembalun lawang lebih aman untuk di lewati karena medannya yang tidak terlalu berbahaya. Dan untuk mencapai segara anak tentu saja harus melewati Perjalanan yang memang tidaklah seenak yang dibayangkan, selain butuh perjuangan untuk bisa sampai disana juga membutuhkan keberanian karena perjalanan kesana yang memakan waktu dan tentu saja medan yang berbahaya namun ketika memiliki niat yang tinggi untuk bisa sampai di segara anak pasti akan tercapai. Terdapat banyak spot atau tempat  nge-camp di segera anak namun para pendaki lebih memilih mendirikan tendanya di dekat danau karena tempatnya yang strategis untuk menikmati nuansa danau lebih dekat dan memudahkan mereka dalam memancing ikan.

Selain anak baru jari terdapat tempat yang menjadi favorit bagi para pendaki yang bernama aik kalak atau pemandian air panas. Aiq kalak adalah tempat para pendaki berendam diri untuk menikmati kehangatan aiq kalak tersebut, karena tempatnya yang seperti kolam, dan dangkal sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para pendaki yang telah berkunjung kesana.

 Di segara anak terdapat banyak ikan di danaunya sehingga para pendaki akan bebas untuk memancing disana, jenis ikan yang bervariasi seperti ikan mujair, ikan nila, ikan karper dan lain sebagainya.  Sehingga untuk mancing tidak akan di ragukan lagi kenikamatannya ketika memancing karena biasanya ketika mancing disana ikan akan mudah tertangkap, dan dapat di mamfaatkan sebagai bekal makan.

Ketika pagi suasana di segara anak begitu indah, kicauan burung yang terdengar di sela-sela perpohonan  dan nuansa sejuk yang akan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Tentu saja banyak pendaki yang mulai melakukan aktivitasnya seperti menyiapkan sarapan dan mulai mengambil air dari mata air yang telah di sedikan oleh alam dengan menggunakan botol bekas ataupun jerigen. Namun paparan sinar matahari pagi di segara anak akan lebih lama terlihat karena tempatnya yang berada di kawah rinjani.

Ketika siang, kabut akan mulai menutupi segara anak dengan perlahan, dan tentu saja akan menutupi jarak pandang pendaki, namun ketika kabut mulai menutupi jarak pandang, suasana di segara anak akan lebih indah karena genangan air dari danau segara anak yang mulai menari mengikuti arus angin dan memberikan kesan tersendiri bagi para pendaki.

Ketika sore hari banyak dari para pendaki yang mulai memancing dan mencari bahan kayu bakar untuk di mamfaatkan pada malam hari, dan nuansa yang ada ketika sore hari adalah nuansa pemandangan dari anak baru jari yang gagah berdiri di sinari mentari sore, namun di segara anak akan lebih cepat gelap karena tempatnya yang berada di kawah sehingga menutupi sinar matahari.

bagi para pendaki malam adalah acara puncak untuk menikmati suasana di segara anak karena ketika malam bintang akan terlihat bertebaran di langit seaakan menghipnotis para pendaki untuk tidak melepas pandangannya dari langit. Selain itu banyak dari para pendaki yang mulai membuat api unggun dan membakar ikan hasil tangkapannya ada juga beberapa dari para pendaki yang mulai bernyanyi sambil bermain gitar.

Oleh karena itu, segara anak merupakan mimpi bagi para pendaki karena tempatnya yang begitu indah, memberikan moment yang tidak akan terlupakan dan tempat yang tentu saja menjadi salah satu kebanggaan bagi indonesia.

 

Comment

082113176505 (helpdesk)
contact@nusaku.id
nusaku.id
Copyright 2017 Nusaku.id