Selong Belanak: Padang Pasir Putih di Lombok



Lombok menyimpan banyak potensi wisata bahari. Keindahan lautnya bisa mengalahkan Bali, namun kurangnya promosi menyebabkan Lombok kurang terdengar suaranya. Salah satunya adalah Pantai Selong Belanak yang berada di desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Untuk menuju ke Selong Belanak saya sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mempermudah perjalanan karena memang tidak ada angkutan umum. Dari kota Mataram menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk tiba disana. Jika tidak menggunakan jasa tour & travel, gunakanlah aplikasi GPS dan bertanya pada penduduk sekitar juga perlu dilakukan karena belum ada petunjuk jalan yang jelas menuju pantai. Soal jalan raya tidak perlu khawatir karena jalan raya di Lombok masih baru dan bagus sangat berbeda dengan jalan raya di Sumatera.

Sebelum tiba di pantai Selong Belanak, ada sebuah bukit dimana kita bisa melihat pantai di Kawasan Lombok Tengah. Ucapan syukur tak akan berhenti dilontarkan karena melihat betapa indahnya pantai di Lombok. Masih berada di bukit saja sudah tak ingin berkedip melihat pemandangan yang disuguhkan pulau seribu masjid ini. Jika kita sudah berada di bukit ini, tandanya sebentar lagi kita akan menginjakkan kaki di bibir pantai Selong Belanak.

Hanya butuh waktu sekitar 15 menit, kita akan disambut biru langit yang seakan-akan menyatu dengan birunya laut. Saat merasakan pasir di pantai ini rasanya tidak ingin beranjak pergi. Pasirnya berwarna putih dan lembut. Ombaknya tidak terlalu besar dan tergolong dangkal. Pantai ini dimanfaatkan untuk belajar surfing, dan lagi-lagi wisatawan mancanegara lah yang paling banyak ke pantai ini. Di tepi pantai banyak anak-anak yang bermain pasir dan berenang kecil di dekat gulungan ombak yang lembut itu. Yang paling menarik adalah jarak tepi menuju air laut cukup panjang sehingga kita bisa melihat pasir yang benar-benar putih. Jika dilihat sekilas rasanya tidak akan sanggup untuk berjalan mengelilingi pantai ini, panjang sekali tidak seperti di Gili Trawangan.

Pro

·         Pantai ini alami dan sangat bersih dengan pemandangannya yang membuat orang yang datang akan jatuh cinta

Tips:

1.       Bawalah sunscreen , kacamata hitam dan penutup kepala.

2.       Lepaskan sandal saat mau masuk ke pantai, rasakan sensasi pasir Selong Belanak.

3.       Pergilah di waktu pagi agar tidak terlalu panas.

Comment

082113176505 (helpdesk)
contact@nusaku.id
nusaku.id
Copyright 2017 Nusaku.id